Kelir…

14/01/2012

Representasi Data Graphic Dan Image

Filed under: Kuliah — mrtosa @ 05:45
Tags: , , , , ,
Tipe data

Beberapa tipe data populer product Macromedia Director :

File Import

File Export

Native

Image Pallete Sound Video Anim. Image Video
.BMP, .DIB, .GIF, .JPG, .PICT, .PNG, .PNT, .PSD, .TGA, .TIFF, .WMF .PAL, .ACT .AIFF, .AU, .MP3, .WAV .AVI, .MOV .DIR, .FLA, .FLC, .FLI, .GIF, .PPT .BMP .AVI, .MOV .DIR, .DXR, .EXE
Fitur Format File Secara Umum

1-bit image

Masing-masing pixel di simpan dalam single bit (0 atau 1) sehingga di sebut binary image. Disebut juga 1-bit monochrome image karena tidak mempunyai warna

8 bit image

Masing-masing pixel mempunyai gray value antara 0 s/d 255. Masing-masing pixel direpresentasikan oleh single Byte. (dark mempunyai kemungkinan nilai 10 sedangkan bright kira-kira bernilai 230). Image merupakan array 2 dimensi dari pixel value yang disebut bitmap. Resolusi image merepresentasikan kumpulan dari pixel2 dalam sebuah image digital. Hardware tempat menyimpan bitmap disebut frame buffer (video card). 8-bit image dapat di gambarkan sebagai himpunan dari 1-bit bitplane dimana 1 plane berisi 1-bit yang merepresentasikan pelevelan image.

  • 8-bit color image

Digunakan sebagai metode untuk merepresentasikan gambar yang tiap pixel-nya terdiri dari 8 bit data warna. Jumlah maximum warna yang bisa ditampilkan dalam 1 waktu adalah 256 warna. Secara umum, warna yang ada pada 8 bit color image didapatkan dari ‘palette’ yang terdiri dari 256 warna, dimana tiap entri pada pallete diberikan nilai RGB tersendiri yang unik. Struktur lain yang sering digunakan pada 8-bit color image adalah penggunaan 8 bit yang secara langsung mendeskripsikan intensitas nilai RGB(red, green, and blue), secara umum dibagi menjadi 3 bits untuk R(red), 3 bits untuk G(green) dan 2 bits untuk B(blue). Bentuk seperti ini biasa disebut dengan 8-bit truecolor. Berikut strukturnya:

Bit 07 06 05 04 03 02 01 00
Data R R R G G G B B

Kelebihan 8-bit color images :

Tidak membutuhkan storage yang besar, karena tiap pixel hanya membutuhkan 8-bit untuk pewarnaannya selain itu, bentuk image yang ideal untuk pengelihatan mata orang normal, karena persepsi manusia terhadap warna adalah terbatas/tidak maksimal.

Kekurangan 8-bit color images :

Pewarnaan kurang detail, karena hanya menggunakan 8 bits untuk setiap pixel-nya, sehingga variasi warna-nya ‘sedikit’, hal ini menyebabkan 8-bit color image kurang cocok dimanfaatkan untuk keperluan yang memerlukan advance graphics, misalkan untuk periklanan, seni, dll.

24-bit color image

Format gambar yang menggunakan 24 bits untuk merepresentasikan warna pada tiap pixel. Setiap komponen RGB disimpan sebagai integer 8-bit, sehingga total memerlukan 24 bit. Hal ini digunakan agar dapat menciptakan suatu warna yang detail.

Kelebihan 24-bit color image :

Penggunaan 24 bit data tiap pixel untuk merepresentasikan warna menyebabkan warna yang tercipta akan sangat detail dan dapat mencakup seluruh warna yang dapat di-’terjemahkan’ oleh mata manusia normal, sehingga image jenis ini cocok dimanfaatkan untuk keperluan yang memerlukan advance graphics sebagai gambarnya, misal : iklan, seni, dll.

Penggunaan 24-bit color image memiliki beberapa kelemahan, diantaranya :

  • Ukuran file yang besar, karena tiap pixel memerlukan 24-bit untuk pewarnaannya. Hal ini akan menyebabkan 24-bit color image kurang cocok digunakan sebagai image yang digunakan dalam network/internet, karena akan memakan bandwith yang besar pula.
  • Memerlukan waktu pemrosesan/pengolahan yang relatif lama
  • Pewarnaan yang sangat detail kadang kurang diperlukan karena device output yang digunakan biasanya memiliki kemampuan representasi yang terbatas
  • Dhitering : Suatu proses pemberian noise pada gelombang (gambar, suara, video) sehingga mencegah large-scale pattern seperti kontur menjadi lebih obyektif dan tidak dianggap sebagai noise (uncorrelated noise). Algoritma dithering pada umumnya digunakan untuk memproses file audio maupun video digital. Dan sering digunakan pada step  akhir  pemrosesan audio ke dalam compact disk. Salah satu aplikasi pertama dari dither berasal dari PDII (Hrant H. Papazian). Aplikasi ini digunakan pada pesawat bomber sehingga dapat meningkatkan akurasi jatuhnya bom. Hal ini dapat dimungkinkan karena vibrasi getaran dari pesawat. Sejak saat itulah, kosa kata dither (“to tremble”) digunakan jika ingin meningkatkan akurasi dari suatu alat dengan menggunakan getaran. Istilah tersebut diadopsi oleh dunia digital sebagai penambahan noise terhadap gelombang.
Format File Populer
  • GIF

GIF dibuat oleh Compuserve pada tahun 1987 digunakan untuk menyimpan berbagai gambar dengan format bitmap menjadi sebuah file yang mudah untuk diubah pada jaringan komputer. GIF adalah file format graphic yang paling tua pada Web, dan begitu dekatnya file format ini dengan web pada saat itu sehingga para Browser menggunakan format ini. GIF mendukung sampai 8 bit pixel, itu berarti maksimum jumlah warnanya 256 warna (28 = 256 warna), 4-pass interlacing, transparency dan mengunakan varian dari algoritma kompresi Lempel-Ziv Welch (LZW). Terdapat dua tipe dari GIF, antara lain:

GIF87a : support dengan interlacing dan kapasitas dari beberapa file. Tehnik itu dinamakan GIF87 karena pada tahun 1987 standar ini ditemukan dan dijadikan standar.

GIF89a : adalah kelanjutan dari spesifikasi GIF87a dan penambahan pada transparency, pemberian tulisan dan animasi dari teks dan grafik.

Ada 2 feature GIF yg menarik perhatian, yaitu transparency dan interlacing.

Transparency : GIF mendukung transparency sehingga designer dapat mendesign background sebuah image itu transparan. Artinya, bila kamu meletakkan image yang transparan pada sebuah latar berwarna merah maka warna background image akan memimic seperti bunglon dan ikut berubah menjadi merah.

Interlacing : Interlacing itu akan menciptakan ilusi seolah image GIF itu lebih cepat loadingnya. Sebenarnya image ditampilkan browser dalam beberapa langkah sistemastis. Mulanya blur dan chaotis namun seiring lebih banyak informasi yang didownload dari server, maka image pun akan menjadi lebih dan lebih dan lebih jelas. Perlu dipertimbangkan, image yang sedikit ber-interlacing akan berukuran lebih besar dibandingkan file GIF biasa.

Kapankah GIF sebaiknya dipakai ?

Umumnya, image GIF digunakan untuk logo, line drawing, dan icons. Hindari menggunakannya untuk image photografi, dan juga image yang membutuhkan stretches bertone-yang-konitium. Saat kamu mendesign file GIF, hindari penggunaan gradiens. Jangan pakai anti-aliasing agar ukuran file bisa minimal.

  • JPEG

“JPEG” merupakan singkatan dari  Joint Photographic Experts Group, sebuah nama komite yang bertugas untuk membuat standart fotografis. Organisasi ini didirikan pada 1986, dan mengeluarkan standart format foto pada tahun 1992, dan disetujui dengan ISO 10918-1 pada tahun 1994. Standart tersebut sekarang biasa dikenal dengan JPEG. JPEG secara umum dihasilkan dari proses kompresi sebuah photographic images. Tingkat kompresi biasanya bisa diubah, sesuai dengan tradeoff(quality & size) yang diinginkan user. File format JPEG biasa dikenal sebagai ‘JPEG Interchange Format’ (JIF), yang meng-implementasikan semua aspek standard sebagai berikut: Color Space definition, Component Sub-Sampling Registration definition Kevin w/h😄, Pixel Aspect Ratio definition. Metode kompresi yang digunakan biasanya adalah lossy compression, yang berarti beberapa kualitas visual akan hilang dalam proses kompresi dan tidak dapat dikembalikan. Selain itu, terdapat pula format “Progressive JPEG”, dimana data yang dikompresi melalui beberapa fase untuk menghasilkan detail yang lebih baik.namun banyak software image processing yang tidak mendukung format file ini. Kelebihan : Merupakan format file imageyang paling umum, baik untuk fotografik maupun desain grafis dan karena dihasilkan dari proses kompresi, maka ukuran file yang dihasilkan relatif kecil dan tidak memakan storage & bandwith yang besar jika dimanfaatkan. Kekurangan : Karena dihasilkan dari proses Lossy compression, maka akan terdapat informasi dari gambar asli yang hilang, dan tidak dapat dikembalikan

  • PNG

(Portable Network Graphics) dikembangkan pada tahun 1995 dan menjadi rekomendasi W3C pada tahun 1996, dan telah berkembang pada hampir semua Web browser hingga tahun 1998. PNG(Portable Network Graphics), sebuah file format untuk lossless, phototable, yang diperkecil storage imagenya. PNG menyediakan patent-free pengganti GIF dan juga dapat mengganti banyak menggunakan TIFF. Mendukung Indexed-color, grayscale, truecolor, plus optional alpha channel.

Kelebihan:

  1. Merupakan format file image yang cukup umum, baik untuk desain grafis, atau untuk keperluan pertukaran data lewat network/internet.
  2. Karena dihasilkan dari proses kompresi, maka ukuran file yang dihasilkan relatif kecil dan tidak memakan storage & bandwith yang besar jika dimanfaatkan
  3. Karena dihasilkan dari proses Lossles compression, maka informasi dari gambar asli tidak akan hilang, dan dapat dikembalikan setelah proses kompresi

Kekurangan :

  1. Karena dihasilkan dari proses Lossless compression, maka ukuran file yang dihasilkan akan relatif lebih besar jika dibandingkan dengan file image JPEG
  • TIFF

TIFF merupakan singkatan dari Tagged Image File Format yang merupakan salah satu jenis format file image yang digunakan untuk berbagai keperluan, meliputi fotografi dan line art. Secara khusus format file ini sekarang di-control of Adobe Systems. Diproduksi oleh perusahaan bernama Aldus untuk keperluan”desktop publishing”, format file TIFF di-support secara luas oleh berbagai aplikasi image-manipulation.

Kelebihan : TIFF berguna sebagai format untuk saling bertukar antara aplikasi profesional image editing.

Kekurangan : TIFF tidak banyak didukung oleh aplikasi yang tidak fokus pada manipulasi gambar(seperti web browser).

  • EXIF

Exchangeable Image File Format. Kumpulan informasi teknis yang dilekatkan pada header file gambar. Dikembangkan oleh Japanese Electronics Industry DevelopmentAssociation (JEIDA). Kegunaan : untuk mempermudah dan membuat standar dalam pertukaran data antara perangkat lunak pengolah citra dan perangkat keras seperti kamera. Unsur – unsur : data tanggal pengambilan gambar, digital ISO, kecepatan rana, diafragma, dan jenis kamera. Alat untuk melihat data EXIF suatu gambar adalah EXIFER (perangkat lunak pengolah citra seperti Photoshop atau ACDSee ) untuk OS nya dapat di windows maupun linux.

  • Graphics Animation File

Beberapa format terkenal mempunyai tujuan untuk menampilkan animasi gambar (dalam bentuk seri gambar / ilustrasi gambar). Tujuan adalah sebagai pengganti video. Dimana animasi animasi ini membutuhkan ukuran yang jauh lebih kecil dari video akan tetapi format format file animasi dapat digunakan untuk menampilkan informasi video. Software yang compatible : DL , amiga IFF, apple quick time, dan GIF89

FLC : format animasi dalam gambar gerak. Yang diciptakan oleh animation pro.

GL : Memproduksi gambar gerak yang lebih baik dan dapat menangani file dengan ukuran yang lebih besar

  • PS dan PDF

Diperkenalkan pada tahun 2003. Disingkat dengan PDF. Suatu format dokumen buatan dari Adobe System Inc. Kelebihan dokumen ini adalah kebebasannya untuk dibuka tanpa tergantung terhadap aplikasi original pembuat dokument tersebut, hardaware maupun sistem operasi terutama untuk membuat dan membuka dokumen tersebut. Dahulu kurang begitu populer, dikarenakan Perangkat lunak untuk membuat (Adobe Acrobat) dan membacanya (Acrobat Reader / Adobe Reader) masi dikomersilkan, Versi – versi awal PDF tidak mendukung pranala luar, yang membuatnya kurang terintegrasi dengan world wide web (www), penambahan besar ukuran berkas PDF pada paket data yang dikirimkan membuatnya lambat untuk didownload dengan tingkat kecepatan modem pada saat itu. Karena format berkas PDF harus bersaing dalam tingkat penggunaannya dengan format lain seperti Envoy, Common Ground Digital Paper, dan PostScript (.ps). PostScript adalah format yang juga diciptakan oleh Adobe dan sebagian fungsinya diimplementasikan pada PDF.

Format dokumen PDF mengkombinasikan tiga teknologi:

  • Sub-set dari pemrograman deskripsi halaman PostScript untuk menghasilkan tampilan dan grafik
  • Sistem penempatan/pemindahan huruf untuk mengijinkan perpindahan huruf di dalam dokumen
  • Sistem penyimpanan terstruktur untuk menempatkan dan mengkompresi elemen-elemen dokumen ke dalam satu berkas.

Dokumen PDF pada umumnya tersusun atas : kombinasi Teks, grafik vector, grafik raster

PDF sekarang begitu populer karena Adobe mulai mendistribusikan perangkat lunak Acrobat Reader secara gratis. Mereka juga membebaskan siapapun untuk menciptakan aplikasi pembuat maupun pembaca dokumen PDF tanpa perlu membayar royalti kepada Adobe System selaku pemegang hak paten PDF.

  • Windows WMF

WMF Singkatan dari Windows MetaFile. Pertama kali digunakan awal tahun 1990-an. Berbeda dengan file JPEG dan GIF yang digunakan untuk menyimpan bitmap (foto, scan, grafik), Windows Metafile biasa digunakan untuk menyimpan line-art, atau gambar ilustrasi. Beberapa clipart dari Windows menggunakan format WMF. File WMF menyimpan daftar dari function call yang dapat digunakan oleh Windows graphic layer GDI untuk menampilkan gambar pada screen. Karena beberapa GDI Function dapat menerima pointer untuk callback function sebagai error handling, WMF file dapat berisi executable code.

  • Windows BMP

Kadang disebut dengan nama Bitmap atau format file DIB (untuk Device-Independent Bitmap). Adalah format file gambar yang digunakan untuk menyimpan bitmap digital image, terutama pada sistem operasi Microsoft Windows dan OS/2. Beberapa user interface menggunakan bitmap dalam built-in graphic subsystem, contohnya subsystem dari GDI platform Microsoft Windows dan OS/2. Dalam file BMP yang tidak terkompresi dan beberapa format file bitmap, pixel gambar disimpan dengan kedalaman warna 1, 4, 8, 16, 24, atau 32 bit tiap pixel. Gambar 8 bit dapat berupa greyscale atau indexed color. Alpha Channel (transparansi) dapat disimpan dalam file yang berbeda, yang mirip dengan gambar greyscale, atau pada channel ke 4 yang membuat file 24 bit berubah ke 32 bit tiap pixel. Untuk gambar yang sama, file BMP (uncompressed bitmap) berukuran jauh lebih besar dari file bitmap yang sudah tercompresi. Contohnya Logo Wikipedia dengan resolusi 1058×1058 berukuran 287.65 KB dalam format PNG, namun berukuran 3358 KB dalam format BMP.

  • Macintosh PAINT dan PICT

PAINT awalnya digunakan pada program MacPaint, yang digunakan hanya untuk gambar monochrome 1 bit. MacPaint adalah SOftware Graphic Painting berbasis Bitmap yang di develope oleh Apple Computer dan dirilis bersama original Macintosh PC pada 22 Januari 1984. Original MacPaint di develope oleh Bill Atkinson, member dari Apple’s Original Macintosh Development Team. Versi terakhir dari MacPaint yaitu MacPaint 2.0, yang dirilis tahun 1988, namun di hentikan penjualannya tahun 1998 karena penjualannya yang menurun. PICT digunakan pada MacDraw (vector based drawing program) untuk menyimpan struktur graphic. PICT adalah graphic file format yang dikenalkan pada computer original Apple Macintosh sebagai format standard metafile. PICT direvisi menjadi versi 2 bersamaan dengan dikenalkannya Macintosh II dan QuickDraw, versi ini memiliki fitur 16 bit opcodesdan beberapa perubahan yang memperbaik utility-nya.

  • XWindows PPM

adalah graphic format untuk sistem X Windows. Portable Pixmap (PPM) support 24-bit color bitmap dan dapat dimanipulasi menggunakan beberapa public domain graphic Editor seperti xv. PPM digunakan dalam X Windows System untuk menyimpan icon, pixmap, backdrops, dsb.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: