Kelir…

17/03/2008

TEKS PANCASILA

Filed under: Merah Putihku — mrtosa @ 14:00

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.

3. Persatuan Indonesia.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

 

Kenapa saya menuliskan teks Pancasila di atas…Karena dari penelitian dari sebuah lembaga survey di kota besar. Survey yang di lakukan badan survey tersebut kepada mahasiswa menghasilkan hasil bahwa hanya 25 % mahasiswa yang bila di lihat dari segi strata pendidikan lebih tinggi dari SMA hanya hafal Pancasila sampai nomor ke tiga dan selebihnya banyak juga yang asal mengarang saja. Asal kita tahu saja bahwa teks Pancasila sudah melekat di otak kita saat kita mengikuti upacara tiap hari senin dari SD sampai SMA.

Wah wah sungguh mengenaskan, bahkan  mahasiswa yang notebene warga negara Indonesia sampai sampai tidak hafal semua teks Pancasila… Ya ampun, apa kata leluhur kita terdahulu, yang dengan semangat bambu runcing memerdakan bangsa Indonesia dari penjajahan kalau tahu ternyata pemuda harapan bangsa Indonesia hanya sampai pada titik ini…

About these ads

37 Comments »

  1. ktanya kita negara PANCASILA…,sedangkan koruptor meraja lela…,apa mereka gak liat penderitaan rakyat….,mengapa preman jalanan di usut sedemikian rupa sampai kita cari makan aja susah…,sedangkan PREMAN BERDASI yg merampas harta rakyat gak bisa di usut secara tuntas….,di mana keadilan kita…,di mana rasa kemanusiaan kita….,di mana HAM kita…,.,

    Comment by gembel — 10/12/2008 @ 06:59 | Reply

  2. Q mau tanya…,
    preman itu yang gimana….,
    memang kita itu anak gembel…,tapi kita gak mau di sebut sebagai preman…,karna kami rasa gak merugikan orang lain…kami juga berkarya…,walaupun itu cuman berarti bagi kita sendiri…,

    Comment by gembel — 10/12/2008 @ 07:10 | Reply

  3. Katanya negara kita BHINEKA TUNGGAL IKA….,tapi apa buktinya…,tangkap maling ayam aja kayak tangkap anjing mau di masak…,sedangkan tangkap koruptor kayak orang tua nasehatin anaknya…,

    Comment by gembel — 10/12/2008 @ 07:21 | Reply

  4. Luka lama kambuh kembali
    Semakin jelas semakin parah
    Menjalar di setiap hari.

    Janji janji hilangkah kini
    Hanya usap hanya sentuh telinga
    Lalu pergi

    Bahkan malam yang biasa singgah
    Enggan menyapa pada sang bulan
    Mimpi mimpi tak cantik lagi
    Sejengkal melangkah bertambah nyeri
    Luka

    Kau paksa kami untuk menahan luka ini
    Sedangkan kau sendiri telah lupa
    Akan gaduhnya jerit
    Akan busuknya derita
    Akan hitamnya tangis
    Akan kentalnya nanah

    Dikaki kami yang labil melangkah

    Comment by gembel — 10/12/2008 @ 07:49 | Reply

  5. Nak dengarlah bicara bapakmu
    Yang kenyang akan hidup terang dan redup
    Letakkan dahulu mainan itu
    Duduk dekat bapak sabar mendengar

    Kau anak harapanku yang lahir di zaman gersang
    Segala sesuatu ada harga karena uang

    Kau anak dambaanku yang besar di kancah perang
    Kau harus kuat yakin pasti menang

    Sekolahlah biasa saja
    Jangan pintar pintar percuma
    Latihlah bibirmu agar pandai berkicau
    Sebab mereka sangat perlu kicau yang merdu

    Sekolah buatmu hanya perlu untuk titel
    Peduli titel didapat atau titel mukjizat

    Sekolah buatmu hanya perlu untuk gengsi
    Agar mudah bergaul tentu banyak relasi

    Jadi penjilat yang paling tepat
    Karirmu cepat uang tentu dapat
    Jadilah Durno jangan jadi Bimo
    Sebab seorang tenang punya lidah sejuta

    Hidup sudah susah jangan dibikin susah
    Cari saja senang walau banyak hutang
    Munafik sedikit jangan terlalu jujur
    Sebab orang jujur hanya ada di komik

    Pilihlah jalan yang mulus tak banyak batu
    Sebab batu batu bikin jalanmu terhambat

    Pilihlah jalan yang bagus tak ada paku
    Sebab paku itu sadis apalagi yang berkarat

    Jadilah kancil jangan buaya
    Sebab seekor kancil sadar akan bahaya
    Jadilah bandit berkedok jagoan
    Agar semua sangka engkau seorang pahlawan

    Jadilah bunglon jangan sapi
    Sebab seekor bunglon pandai baca situasi
    Jadilah karet jangan besi
    Sebab yang namanya karet paham kondisi

    Comment by gembel — 10/12/2008 @ 08:07 | Reply

  6. Ora iso karepe dewe
    Kabeh ono aturanne
    Yen pengen urip karepe dewe
    Manggono ning alas dewe…
    Jajalo…
    Raksano…
    Uripe menungso
    Becik be brayan tepo sliro
    Yen arep mulyo sumeleh ke ati
    Ora usah gumum
    Karo gilape ndoyo
    Ojo lali sopo kowe
    Soko ngendi anggonmu asale
    Ojo lali kudu eling
    Ojo dumeh yen ora gelem keweleh

    Comment by gembel — 10/12/2008 @ 08:43 | Reply

  7. Tolong sampaikan salamku buat wakil rakyat

    Comment by gembel — 10/12/2008 @ 08:44 | Reply

    • Gembel q like you slm persahatan

      Comment by iwan — 23/12/2011 @ 05:49 | Reply

  8. Aku anak kampung
    Mencoba hidup dikota
    Mencari harapan
    Sinar terang masa depan
    Karna lahan-lahan
    Dikampung mulai menghilang
    Digantikan bangunan
    Entah milik siapa..?
    Mengapa ini terjadi
    Bahkan satwa, hutan, sawah
    Semakin berkurang
    Dikotori oleh
    Tangan-tangan serakah
    Mengapa ini terjadi
    Aku anak kampung
    Bertahan di tanah rantau
    Karna lahan-lahan
    Dikampung mulai menghilang
    Digantikan bangunan
    Entah milik siapa..?
    Bahkan satwa, hutan, sawah
    Semakin berkurang
    Dijamahi oleh
    Tangan-tangan tamak
    Mengapa ini terjadi
    Kenapa ini terjadi
    Aku Anak kampung
    Bertahan di tanah rantau
    Jangan Salahkan aku
    Berjuang demi kehidupan
    Aku Anak kampung
    Mencoba hidup di kota
    Mencari harapan
    sinar terang masa depan

    Comment by gembel — 10/12/2008 @ 08:45 | Reply

  9. WASSALAM…..,moga wakil rakyat baca comen2 ini

    Comment by gembel — 10/12/2008 @ 08:47 | Reply

  10. Ya…ya sebaiknya pancasila lebih dipublikasikan ke para generasi bangsa..

    Comment by Spy — 11/12/2008 @ 07:43 | Reply

  11. makasihya jd sekarang saya bisa afal thaks horasba

    Comment by irfan — 14/08/2009 @ 08:52 | Reply

  12. Kenapa dan Mengapa mereka lupa akan PANCASILA….?????
    1. Zaman sudah bertambah maju dan Globalisasi waktu mempengaruhi daya ingat dan pikiran manusia.
    2. Teknologi nya yang mempengaruhi kerja otak yang memang sudah melebihi kapasitas kerja otak tersebut.
    3. Bacaan ataupun media elektronik yang memberikan kenyamanan dalam menikmati apa yang kita inginkan.
    Mungkin hanya itu yang bisa saya beberkan pada Catatan ini, dan jika ada yang mau menambahkan, mungkin kita bisa sharing di Email saya… atau FACEBOOK yang saya Ikuti. dan jika ada kata2 yg kurang berkenan mohon dimaafkan. Mari kita sama-sama menanamkan benih-benih PANCASILA didalam OTAK dan PIKIRAN anak-anak bangsa ini.

    Comment by Gibran Adrian Mirzais — 17/08/2009 @ 17:08 | Reply

  13. pancasila adalah undang2 yg di terapkan oleh siapa sih tolong yah kasih tau saya

    Comment by irfan — 27/08/2009 @ 14:33 | Reply

  14. benar banget tuh, bedanya maling ayam ama maling berdasi. kalau maling ayam hukumnya rumah tahanan sedangkan maling berdasi hujumannya tahanan rumah

    Comment by widyanto — 18/12/2009 @ 06:21 | Reply

  15. dari anak tk ampe orang dewasa uga apal ni teks…….hwhehehe

    Comment by alvia adelia — 24/11/2010 @ 06:40 | Reply

  16. @alvia: hai…..kita itu harus bangga apa adanya dari negara kita……
    bukan menjelek2annya…..
    GIMANA SIHH??? waduww….

    Comment by runi farehutan — 24/11/2010 @ 06:44 | Reply

  17. bagus..uga….niii…..
    hehe…..
    masa teman saya gak bisa teks pancasila?
    waduww……kebangetan!!

    Comment by duny arel lubis — 24/11/2010 @ 06:47 | Reply

  18. aslamualaikum……salam sore bahagia…..ini cakka icil 3……
    salam knal cmua!!!!
    ok…..ini teks bagus buat siswa-siswi indonesia…..

    ~C4kk4~

    Comment by wedus gembel — 24/11/2010 @ 06:53 | Reply

  19. Aku anak kampung
    Mencoba hidup dikota
    Mencari harapan
    Sinar terang masa depan
    Karna lahan-lahan
    Dikampung mulai menghilang
    Digantikan bangunan
    Entah milik siapa..?
    Mengapa ini terjadi
    Bahkan satwa, hutan, sawah
    Semakin berkurang
    Dikotori oleh
    Tangan-tangan serakah
    Mengapa ini terjadi
    Aku anak kampung
    Bertahan di tanah rantau
    Karna lahan-lahan
    Dikampung mulai menghilang
    Digantikan bangunan
    Entah milik siapa..?
    Bahkan satwa, hutan, sawah
    Semakin berkurang
    Dijamahi oleh
    Tangan-tangan tamak
    Mengapa ini terjadi
    Kenapa ini terjadi
    Aku Anak kampung
    Bertahan di tanah rantau
    Jangan Salahkan aku
    Berjuang demi kehidupan
    Aku Anak kampung
    Mencoba hidup di kota
    Mencari harapan
    sinar terang masa depan

    Comment by feril ferehutan — 24/11/2010 @ 06:55 | Reply

  20. peraturan ja yg banyak tp d langgar trus…..

    Comment by KURNIAWAN182 — 26/11/2010 @ 11:12 | Reply

  21. anda yg membuat teks ini mau meyalahkan siapa mahasiswa, pelajar,anak sd atau anak teka sekalian.. atau pemerintahan karna pancasila tidak terterapkan lg dalam berbangsa dan bernegara. apa tangapan anda? jika ada masa yg menuntut pemerintahan kita untuk kembali ke PANCASILA. siapa bilang kalau kita ngk hapal pancasila kenapa anda melimpahkan ini kepada mahasiswa? kenapa anda tidak melimpahkan kepada pemerintahan sebab mahasiswa bukan pemerintahan mahasiswa sama seperti rakya hanya bisa menuntut hak yg tak terpenuhi

    Comment by sasakiwa — 16/01/2011 @ 16:55 | Reply

    • namanya juga opini…opini bisa saja salah bisa saja benar..
      seperti kutipan seorang presiden “jangan meminta terus kepada negara tapi berikan sesuatu untuk negaramu”
      pancasila kan dasar negara bukan dasar pemerintah
      lebih baik memulai dari diri sendiri terlebih dahulu :D

      lagian saya membuat tulisan ini karena di lingkungan pendidikan saya banyak yang tidak hafal pancasila
      aparat negara aja bisa lupa pancasila apalagi mahasiswa :D

      Comment by mrtosa — 17/01/2011 @ 06:01 | Reply

    • Jangan hanya hak tp kewajiban juga dipenuhi

      Comment by iwan — 23/12/2011 @ 07:50 | Reply

    • ia nii,,,
      lain kali survey nya kepada pejabat2 aja…HAFAL NGAK MEREKA ?

      ada2 saja…

      Comment by ramadhan — 01/05/2012 @ 05:16 | Reply

  22. sebenarnya islam mempunyai pandangan yang lebih luas dari nasionalis
    kunjungi blog saya ya
    http://www.ngobrolislami.wordpress.com

    ferry

    Comment by ngobrolislami — 17/01/2011 @ 07:18 | Reply

  23. hai semua namaku patriot mania aqu nax bekasi salam kenal yach ……..
    ini teks bagus buat semua siswa siswi …. indonesia .. terimakasih yach ..

    hormat saya
    430T M4N14
    BEKASI

    Comment by 430T M4N14 — 21/02/2011 @ 10:20 | Reply

  24. banyak kamera salah memotret
    para badut berlaku gaya mpnyet
    sibuk bercermin tak berasa berkaca
    sibuk mengurus negeri atas nama bangsa
    pikiran dan rasa tak serasi dalam kata
    perangkat bangsa sibuk kwalahan mendata
    BPKP, BPK, KPK dan pak jaksa lelah nyaris kehabisan tenaga
    mengejar pelaku lupa diri menggerogoti kekayaan bangsa
    dilupakan Tajimu Pancasila oleh kebanyakan warga bangsa
    Kini waktunya kita kembali menata demi kejayaan bangsa

    Comment by nana — 31/05/2011 @ 23:13 | Reply

  25. para koruptor udah pada tua, bentar lagi mereka bakalan mati,
    kita disini sebagai calon penerus, ngapain sibuk sibuk ngomongin pemerintah yang udah tau bejat nya,

    pancasila bukan hanya di hafal, tapi harus melekat pada diri kepribadian setiap anak bangsa,
    cukup untuk menghafal pancasila pada waktu sd sampai sma,
    saat ini bagi penerus nya adalah menjalankan isi pancasila itu,

    didik kejujuran sejak dini dan menjalankan setiap isi pancasila, insya allah Indonesia menjadi negara terbaik.

    semangat untuk para pemuda Indonesia……!!!!!!!!!!

    Comment by jaelani saputra — 01/06/2011 @ 01:51 | Reply

  26. untuk terwujudnya sila ke 2 sampai sila ke 5 dibutuhkannya manusia-manusia yg ber-Ketuhanan Yang Maha Esa tanpa dasar ketuhanan pada diri manusia maka tidak akan terwujud sila 2 sampai sila ke 5

    Comment by oi-orangindonesia — 06/09/2011 @ 18:25 | Reply

  27. pancasila ya …. kalau hanya dihafalkan tiap senin pagi, hasilnya kaya gitu, pas udah gak ada upacara senin pagi ya lupa, karna dianggap ga’ penting kali, makannya biar ingat terus jangan hanya dihafal, tapi dilibatkan juga dalam permainan anak-anak, dalam kuis-kuis, dalam teka-teki silang, dalam pertanyaan di soal ujian, beserta makna dan artinya, mungkin akan lebih berkesan dan tinggal lama dihati bukan hanya diingatan, yang penting lagi jangan hanya sila persila tetapi semua sila, sumonggo………………

    Comment by hariswardhana — 13/10/2011 @ 08:15 | Reply

  28. Nak dengarlah bicara bapakmu
    Yang kenyang akan hidup terang dan redup
    Letakkan dahulu mainan itu
    Duduk dekat bapak sabar mendengar

    Kau anak harapanku yang lahir di zaman gersang
    Segala sesuatu ada harga karena uang

    Kau anak dambaanku yang besar di kancah perang
    Kau harus kuat yakin pasti menang

    Sekolahlah biasa saja
    Jangan pintar pintar percuma
    Latihlah bibirmu agar pandai berkicau
    Sebab mereka sangat perlu kicau yang merdu

    Sekolah buatmu hanya perlu untuk titel
    Peduli titel didapat atau titel mukjizat

    Sekolah buatmu hanya perlu untuk gengsi
    Agar mudah bergaul tentu banyak relasi

    Jadi penjilat yang paling tepat
    Karirmu cepat uang tentu dapat
    Jadilah Durno jangan jadi Bimo
    Sebab seorang tenang punya lidah sejuta

    Hidup sudah susah jangan dibikin susah
    Cari saja senang walau banyak hutang
    Munafik sedikit jangan terlalu jujur
    Sebab orang jujur hanya ada di komik

    Pilihlah jalan yang mulus tak banyak batu
    Sebab batu batu bikin jalanmu terhambat

    Pilihlah jalan yang bagus tak ada paku
    Sebab paku itu sadis apalagi yang berkarat

    Jadilah kancil jangan buaya
    Sebab seekor kancil sadar akan bahaya
    Jadilah bandit berkedok jagoan
    Agar semua sangka engkau seorang pahlawan

    Jadilah bunglon jangan sapi
    Sebab seekor bunglon pandai baca situasi
    Jadilah karet jangan besi
    Sebab yang namanya karet paham kondisi

    Comment by ilham prakasti — 15/10/2011 @ 14:34 | Reply

  29. nah kalo dah pada hapoal pancasila,
    selanjutnya siapa yang tahu isi / naskah pembukaan undang undang dasar ri?

    Comment by yustanto101@yahoo.com — 02/11/2011 @ 02:54 | Reply

  30. [...] PANCASILA [...]

    Pingback by PANCASILA « sababjalal — 04/11/2011 @ 15:50 | Reply

  31. thanks ya aq sangat kebantu dngan ini skli trims ya untuk yg blog ini

    Comment by azizahsinta — 13/11/2011 @ 01:43 | Reply

  32. Bagus, sedang dipakai untuk contoh pada pelatihan IT di UNY..

    Comment by sewa komputer bali — 12/01/2012 @ 05:03 | Reply

  33. Yg tua,jangan kalian menyalahkan yg muda…
    karna sesungguhnya kami generasi muda mencontoh apa yg kalian kerjakan,dari apa yg kami LIHAT,kami DENGAR,dan kami RASAKAN…

    coba survey nya DILAKUKAN kepada anggota DPR,APAKAH MEREKA HAFAL TEKS PANCASILA ?
    sebut saja mereka HAFAL ? apa MEREKA mengerti maksud dan makna yg terkandung dlm teks PANCASILA ? sebut saja mereka mengerti…KALAU MEREKA MENGERTI,MENGAPA NEGARA KITA SEPERTI INI ?(ADA APA DENGAN INDONESIA)

    pandangan saya…yg hafal teks PANCASILA & mengerti apa2 yg terkandung didalam nya,merekalah orang INDONESIA…dengan catatan,mereka mengerjakan apa yg dianjurkan DAN meninggalkan apa yg dilarang.

    masih mendingan kami(PEMUDA ZAMAN SEKARANG),Klo pun kami terlupa atau memang tidak HAFAL TEKS PANCASILA(kami bisa menghafalnya lagi),yg penting KAMI masih ingat PANCASILA.

    Dibandingkan dengan KORUPTOR ZAMAN SEKARANG….
    MEREKA(KORUPTOR),lupa akan PANCASILA…BAGI mereka hanyalah KORUPSILA…

    1.KEUANGAN YG NOMOR SATU
    2.KORUPTOR YG TAK ADIL & TAK BERADAB
    3.PERSATUAN KORUPTOR
    4.KORUPTOR YG DIPIMPIN OLEH NAFSU SETAN DALAM MENJALANKAN KORUPSI,TANPA MEMIKIRKAN NASIB RAKYAT
    5.KEKAYAAN BAGI SELURUH KORUPTOR INDONESIA

    Comment by ramadhan — 01/05/2012 @ 05:05 | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: